Diberdayakan oleh Blogger.

Sabtu, 17 Desember 2016

CHAOS THEORY ( TEORI KEKACAUAN )

Pernah mendengar tentang teori kekacauan (chaos theory) ? Itu semacam teori sains untuk memprediksi cuaca, lautan dan sebagainya. Dalam teori kekacauan disebutkan bahwa perubahan suatu kondisi awal dapat membuat dampak yang besar terhadap perubahan iklim ataupun cuaca. Bahkan disebutkan bahwa kepakkan sayap kupu-kupu saja dapat membuat sebuah angin topan.

Seperti halnya cuaca, hati manusiapun dapat berubah jika terjadi perubahan sekecil apapun. Manusia yang sangat tangguh dapat langsung berubah 180 derajat menjadi manusia lemah hanya karena satu perubahan kecil. Contoh kasus adalah ketika anda berbuat satu kesalahan anggap saja misalnya menumpahkan tinta printer di atas laporan presentasi anda tanpa sengaja. Tinta printer anda membuat kertas laporan itu menjadi kotor dan terpaksa dicetak lagi, namun tidak mungkin karena 10 menit lagi anda harus menyampaikan presentasi tersebut. Hal ini membuat atasan anda marah dan dalam sekejap anda yang selama ini selalu rajin dan menjadi panutan bagi karyawan lain, dalam hitungan detik langsung menjadi pecundang selamanya ..

Dalam bahasa Indonesia ada pepatah "Gara-gara nila setitik rusak susu sebelanga". Artinya karena satu kesalahan kecil merugikan banyak orang lain. Bisa juga berarti karena satu kesalahan sedikit, hilang semua kebaikkan yang pernah anda lakukan. Ya, itulah Chaos theory menurut saya. Hidup kita bisa kacau (chaos) hanya karena perubahan sedikit.

Baru-baru ini saya menonton sebuah film lama yang berjudul sama "Chaos Theory". Tokoh utamanya adalah Frank Allen (diperankan oleh Ryan Reynolds, pemeran Deadpool). Ceritanya cukup menginspirasi, berkisah tentang teori kekacauan hidup dan bagaimana sikap kita menerimanya. Kisah singkatnya seperti ini :

Frank Allen mendapati calon menantunya, Ed hendak kabur di hari pernikahannya dengan putrinya Jesse Allen. Frank meminta Ed untuk bercerita mengapa ia hendak kabur. Ed yang dalam setengah terpaksa bercerita bahwa ia hendak kabur karena baru mengetahui bahwa Jesse pernah berselingkuh dengan Jake Lee, saingan Ed selama masa pacarannya dengan Jesse. Ed yang mendengar itu galau dan takut keputusannya menikahi Jesse bukan keputusan yang tepat. Frank yang mendengar hal tersebut kemudian bercerita tentang masa lalunya kepada Ed. Tentang bagaimana hubungan pernikahannya yang sempat naik turun seperti roller coaster.

Cerita pun di flashback. Frank Allen muda adalah seorang motivator manajemen waktu. Ia menikah dengan wanita yang ia cintai dan mempunyai putri tunggal Jesse yang sangat cantik dan bijak yang saat itu masih berumur 6 tahun.

Dalam suatu seminar, Frank yang menjadi pembicara dirayu oleh salah seorang peserta, Paula, seorang wanita yang sangat menarik. Frank yang sangat mencintai istrinya buru-buru kabur dari tempat itu dan tanpa sadar menjatuhkan handphonenya. Sial bagi Frank, Susan menelpon dan Paula yang mengangkatnya. Susan mulai curiga bahwa Frank berselingkuh.

Kesialan Frank belum selesai, dalam perjalanan pulang ia menyerempet mobil seorang wanita yang hendak melahirkan. Merasa bersalah, Frank menawarkan diri membawa wanita itu ke rumah sakit. Di rumah sakit, suster mengira Frank adalah suami dari wanita itu. Mereka meminta Frank mengisi formulir. Dalam keadaan bingung dan panik, Frank malah mengisi data diri dan alamat rumahnya. Susterpun menelpon ke rumah Frank dan diangkat oleh Susan. Mendengar bahwa Frank mengantar seorang wanita ke rumah sakit bersalin membuat Susan semakin yakin bahwa Frank berselingkuh dan memiliki bayi dari wanita lain. Rumah tangga Frank pun berantakkan. Ia diusir dari rumah dan tidak boleh bertemu Jesse, putrinya.

Dengan berbagai cara Frank berusaha mempertahankan hubungannya. Ia memohon, mengemis bahkan menyembah-nyembah, namun semuanya gagal. Kemudian iapun meminta bantuan seorang dokter untuk melakukan tes DNA. Secercah harapan muncul saat si dokter berkata bahwa bayi itu seratus persen memang bukan bayinya, namun kemudian dokter itu berkata bahwa dari hasil tesnya menunjukkan bahwa Frank mandul dan tidak mungkin memiliki anak.

Bagai disambar petir, Frank Allen terduduk lemas. Jika memang ia tidak bisa punya anak, lalu siapa putri umur 6 tahun yang selama ini disayanginya. Frank pun marah. Ia merasa dicurangi. Selama ini istrinya menuduhnya berselingkuh tapi ternyata, Jesse, putrinya sendiri bukan anak kandungnya.

Frank benar-benar hancur apalagi setelah tahu bahwa ayah biologis putrinya adalah sahabat baiknya sendiri, Buddy Endrow, seorang playboy. Frank benar-benar kehilangan akal sehat, iapun berniat membunuh Buddy dengan cara mengajaknya ke danau. Namun sayang, rencana Frank berantakkan. Buddy marah dengan sikap Frank. Iap pun berkata :
"Aku orang brengsek yang tak bertanggung jawab. Tapi kau? Kau bukan sahabat baik yang selama ini kukenal. Susan mencintaimu dan Jesse mencintaimu. Mereka keluargamu. Apa kau ingin menghancurkannya begitu saja?"

Frank akhirnya sadar dan kembali pada keluarganya. Ia mulai menerima Jesse dan Susan kembali.

Diakhir cerita, Frank berkata pada Ed bahwa pilihan kita kadang tidak sempurna, tapi ketidaksempurnaan itu yang membuat kita menjadi manusia. Kerelaan kita menerima segala kekurangan dan ketidak berdayaan itu yang paling penting.

Hidup memang kacau. Melangkah keluar dari rumah kita sudah dihadapkan pada kekacauan dimana-mana. Mulai dari pengendera motor yang menerobos lampu merah, pengemis yang meminta-minta padahal kondisi fisiknya sehat, bahkan cara orang-orang disekitar kita yang tidak saling peduli.

Tapi setiap kekacauan punya polanya sendiri. Jika kita bisa menemukan pola tersebut, bahkan orang terpintar di alam semestapun tidak ada aapa-apanya dengan kita. Pola tersebut adalah ketulusan untuk memberi dan menerima. Tidak hanya dalam urusan hubungan, tapi juga pekerjaan. Mungkin gaji anda kecil dan tidak bisa memiiki mobil mewah, tapi ketulusan anda melakukan pekerjaan itu dan kerelaaan anda menerima segala kekurangan akan membuat anda bersyukur bahwa masih ada yang lebih kekurangan dari anda. Istri atau pasangan anda mungkin tidak sempurna, tidak secantik bintang korea dan juga mungkin tidak semenarik mantan anda. Tapi dialah orang yang muncul saat anda kelelahan pulang dari kerja. Dialah yang menuangkan segelas kopi hangat saat anda harus lembur di depan komputer, intinya dialah orang yang mau menerima anda saat yang lain mempermainkan anda. Dialah yang bersedia menemani anda saat yang lain tidak menghargai kebaikkan anda dan melupakan anda begitu saja.

Jadi, nikmati saja kekacauan hidup ini dengan cara bersyukur. Intinya adalah ketulusan untuk memberi dan menerima. Biar saja orang lain berbuat jahat, asal kita tidak berbuat sama. Biar saja pekerjaan anda diremehkan asal kita tulus melakukannya. Anda tidak harus berbuat hal yang besar untuk untuk mendpatkan sesuatu. Yang anda perlu lakukan hanyalah melakukan segalanya dengan baik dan ikhlas dan yang paling penting sesuai tuntunan agama. Sekecil apapun tindakkan kita mungkin tidak berharga di mata manusia, tapi bagi Tuhan dan orang-orang yang sayang pada anda setiap tindakkan tulus dari anda adalah kebaikkan bagi mereka ...

Semoga kita bisa menjadi orang yang bisa menerima segala yang diberikan Tuhan pada kita tidak perduli sekacau apapun kelihatannya ..

0 comments

Posting Komentar