Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 29 Desember 2014

RENUNGAN TENTANG HIDUP KITA


Tiap orang dilahirkan ke dunia dengan membawa manfaat bagi orang lain. Lahirnya satu orang manusia akan mempengaruhi kehidupan manusia yang lain. Hanya saja ketika kita dilahirkan kita hanyalah bayi mungil lemah yan tidak tahu apapun. Kita idak pernah tahu apa yang akankita lakukan kelak dan apa pengaruhnya bagi orang lain.

Seiring pertambahan waktu manusia belajar dan bersosialisasi. Mengenal banyak ilmu sekaligus juga mengenal orang-orang baru. Semua itu dijalani dengan apa adanya, tanpa ada pikiran apa yang kita lakukan ini apakah berpengaruh bagi kehidupan orang lain atau tidak. Pertanyaannya, kapan kita baru mengetahui bahwa tindakan kita berpengat\ruh terhadap orang lain?

Jawaban pertanyaan yang cukup rumit itu adalah ketika kita merenung. Bayangkan seorang anak kecil yang yang menyingkirkan duri di jalanan. Barangkali ia menyingkirkan duri tersebut karena mengganggu jalannya, namun tanpa ia sadari tindakannya bisa jadi telah menyelamatkan banyak orang yang melintas jalanan tersebut. Perbuatan baik yang kita lakukan walaupun kecil tanpa disadari telah menyelamatkan sebuah nyawa. Kalau perbuatan baik yang kecil saja bisa menyelamatkan nyawa, bagaimana dengan perbuatan jahat.

Kejahatan juga sama, merugikan orang lain walaupun itu sedikit. Bila seorang atasan mencontohkan perbuatan yang buruk, ambil contoh korupsi, maka bisa jadi bawahan p[un akan ikut korupsi. Alasannya simple, yang di atas aja korupsi, kenapa kita juga tidak korupsi. Ya, satu orang yang berbuat jahat, bisa jadi akan banyak orang yang mencontoh, akibatnya nanti masyarakat sudah menganggap lumrah kejahatan itu.

Dalam kisah 1001 satu malam dikisahkan seorang raja yang sangat membenci wanita. Ia pun berpikiran jahat hendak menikahi seorang wanita kemudian membunuhnya. Tersebutlah seorang wanita yang pandai bercerita. Ia menikah dengan sang raja dan setiap malam ia selalu menceritakan kisah-kisah yang menakjubkan hingga akhirnya sang raja urung membunuhnya. Kehadiran si wanita yang pandai bercerita itu langsung mengubah tabiat sang raja yang semula kejam menjadi santun dan ramah.

Manusia tidak pernah tahu akan jadi apa dirinya dan siapa yang akan dipengaruhinya. Einstein tidak pernah menyangka bahwa penemuannya menyebabkan korban jiwa di Hiroshima dan Nagasaki. Thomas Edison juga tidak pernah tahu bahwa ketika ia putus sekolah ia akan menjadi penemu besar yang penemuannya kemudian membawa dampak yang sifnifikan bagi masayrakat dunia.


Sekarang pikirkan, kenapa Tuhan menakdirkan kita ada di dunia ini. Kenapa kita bertemu dengan orang-orang di sekitar kita. Apa pengaruh mereka bagi kita dan apa pengaruh kita bagi mereka. Barangkali jika kita mau bersyukur dan sedikit merenung ternyata Tuhan sudah mengatur settingan yang luar biasa dimana setiap orang yang ada di sekitar kita mungkin berpengaruh besar terhadap pembentukkan karakter dan masa depan kita ….

0 comments

Posting Komentar